Cara Membedakan Telur Ayam Fertil dan Infertil (Candling proces)

Telur Ayam - Memang untuk mengetahui telur fertil dan infertil perlu dilakukan dalam kegelapan dapat anda lakukan, menggunakan senter atau pencahayaan dari bawah. Secara sekilas telur yang infertil itu bentuknya terlihat lebih terang daripada yang yang fertil, karena sudah jadi penggumpalan kuning telur. Sementara yang infertil tidak terjadi penggumpalan.

Gambar Cara Meneropong Telur Ayam Fertil Dan Infertil

Membedakan Telur Ayam Fertil Dan Infertil

Untuk  telur yang fertil biasanya pada masa inkubasi selama 4 hari sudah terlihat embrio yang biasanya terlihat serat pembuluh darah pada telur jika disenter atau diterangi. Anda bisa lihat atau Praktekkan dari hasil ternak anda atau pada saat proses awal penetasan menggunakan mesin tetas.

Telur Ayam Fertil

Alat Dan Bahan Peneropongan Telur

Yang perlu anda siapkan dalam melakukan peneropongan telur yaitu menggunakan senter, atau bisa juga menggunakan jenis penerawangan lain seperti lampu pada handphone anda. Anda dapat lakukan ditempat gelap, jangan lupa harus ada bahan telur yang baru menetas atau yg masih segar. Dengan alat sederhana tersebut anda sudah bisa melakukan penerawangan atau peneropongan telur ayam anda.

Cara Menyenter Telur Ayam

Telur Ayam Tanpa Embrio

Untuk telur yang infertil anda bisa menerangi dalam kegelapan menggunakan lampu atau senter, biasanya untuk Jenis telur yang infertil tidak terlihat embrio dan tidak terjadi perkembangan embrio. Jenis-jenis telur yang infertil dan fertil harus anda sortir agar tidak terjadi penumpukan telur di mesin tetas anda. Penyaringan di awal dengan memisahkan telur yang infertil akan membuat efektivitas dan efisiensi penetasan telur di mesin tetas anda.

Tujuan Melakukan Candling Telur

Tujuan melakukan pengecekan telur infertil sejak dini yaitu, agar telur dapat dimanfaatkan Sebelum terlalu lama berada dalam proses penetasan. Selain itu Anda dapat memanfaatkan tempat telur dalam mesin tetas untuk telur lainnya. Telur infertil yang tidak dapat ditetaskan, dapat dikonsumsi atau dijual untuk menambah Penghasilan anda.

Demikian tadi adalah cara untuk membedakan telur yang fertil dan infertil atau proses candling, Semoga anda dapat memahami dan bermanfaat untuk kita semua. Terima kasih dari Peternak Muda semoga peternakan anda sukses dan sehat selalu.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel