macam Dan Jenis Kambing Budidaya Ternak di Indonesia

Kambing Budidaya Atau Ternak adalah jenis hewan berkaki empat yang yang telah banyak dibudidayakan oleh para peternak di seluruh Indonesia. Tehnologi ternak kambing mulai dari yang tradisional hingga modern mulai banyak bermunculan. Walaupun usaha budidaya kambing begitu menjanjikan, tetapi kebutuhan konsumenya tidak sebesar ayam dan sapi pada kenyataannya.

Gambang Macam Kambing Ternak


Sebenarnya dari segi keunggulan susu dan kotoran kambing memiliki kualitas lebih, dibandingkan susu sapi atau kotoran sapi dan ayam. Banyak faktor yang saling mempengaruhi satu dengan lainya, sebenarnya potensi budidaya kambing sangat menjanjikan.

Jenis Kambing Budidaya (Ternak)


Kambing memiliki nama ilmiah capra aegagrus sejak dahulu kambing dijadikan binatang yang dipelihara untuk dijadikan konsumsi manusia. Ada beberapa kambing yang dapat dipelihara di Indonesia, iklim tropis dengan berbagai dataran yang berbeda mengharuskan peternak harus memilih jenis kambing yang cocok diwilayah mereka. Kami akan menjelaskan jenis kambing yang banyak dibudidayakan di Indonesia.

Kambing Kacang

Siapa yang tidak kenal dengan kambing ini, kambing yang dapat berkembang dengan iklim indonesia ini tersebar diseluruh indonesia dengan populasi terbanyak. Wajar saja soalnya kambing kacang merupakan kambing lokal indonesia yang sudah ada sejak dahulu. Berbeda dengan jenis yang lain yang sengaja didatangkan untuk dikembangbiakan di Indonesia.

Jenis Kambing Kacang

Ciri yang menonjol dengan mengenal kambing kacang tersebut adalah memiliki tanduk pendek, berbulu halus diseluruh permukaan kulit, memiliki kepala kecil, serta telinga yang pendek kecil. Sekilas memang seperti rusa tetapi kambing ini mudah bereproduksi dengan baik dan lebih produktif. Kambing kacang bisanya dibudidayakan dengan tujuan sebagi kambing pedaging ( kambing potong).

Kambing Etawa

Tahukah anda darimana susu kambing dihasilkan, jika anda belum mengetahui jenis Etawa merupakan penghasil susu kambing terbaik. Disebut sebagai kambing perah karena dapat menghasilkan susu 2-3 liter air susu perhari. Badan yang tinggi memiliki wajah cembung merupakan ciri menonjol yang dapat anda ketahui, budidaya etawa dapat memberikan keuntungan yang besar jika diternak dengan metode yang tepat. Jika anda ingin mengetahui lebih jauh tentang Klasifikasi Kambing Etawa untuk wawasan anda.

PE (Peranakan Etawa)

Kambing peranakan etawa sebenarnya hasil persilangan etawa dengan kambing Lokal. kambing lokal yang biasa disilangkan adalah kambing kacang  dan kambing menggolo dari lumajang. Selain itu dihasilkan 2 ras yaitu PE ras Senduro dan PE ras Kaligesing. Banya keunggulan yang didapatkan dengan persilangan tersebut, yaitu dapat dijadikan sebagai kambing pedaging atau kambing perah (susu). Bahkan jenis kambing ini pernah dapat mencapai bobot 170kg bobot terbesar yang dihasilkan.

Kambing Boer

Dibaca dari namanya pasti anda merasa asing bukan? Ya betul sekali karena kambing ini berasal dari Afrika Selatan. Kambing ini meripakan jenis yang paling unggul dalam hal penghasil daging. Berat kambing jantan mampu mencapai 150 kilogram dan betina sekitar 90 Kg. Ciri yang menonjol dari kambing boer adalah memiliki warna bulu dominan putih dengan bagian kepala berwana coklat muda atau coklat. Telinganya panjang menjuntai kebawah.

Budidaya Kambing Boer

Kambing Saanen

Penghasil susus terbanyak dapat dihasilkan dari jenis kambing ini, pada masa  atau menyusui kambing ini mampu manghasilkan 750 kg air susu. Sebenarnya kambing saanen berasal dari negara Swiss, dengan kondisi Indonesia yang beriklim tropis peternak harus melakukan perawatan yang baik agar produktifitas air susu kambing ini tidak terganggu.

Jenis Kambing Saanen

Macam macam kambing ternak di Indonesia yang kami jelaskan semoga dapat menjadi bahan pengetahuan anda dalam dunia budidaya ternak. Masih banyak jenis kambing lainya yang belum kami munculkan. Jangan lupa komentar dan dukungan anda akan kami tindak lanjuti segera. Salam peternak muda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel