Pengertian Dan Definisi Fase Starter Ayam (Tahap Awal Ternak)

Fase starter ayam dalam beternak ayam kita harus memahami istilah-istilah yang ada dalam dunia peternakan. Hal ini bertujuan agar kita banyak memahami istilah ketika berkomunikasi dalam membahas seputar memelihara ayam. Ada tiga tahapan yang harus kita ketahui dalam tahapan ternak, fase pertama yang harus dilewati adalah fase awal atau yang disebut dengan starter.

Tahap Starter Ternak Ayam



Pengertian Fase Starter Ayam

Dalam bahasa Inggris starter adalah berarti Fase awal ini adalah Tahapan pertama yang harus dilalui oleh peternak dari dari mulai datangnya DOC Ayam Hingga ayam berusia 8 Minggu. Ada beberapa hal yang mesti diperhatikan pada masa sekarang ini karena, awal ini tidak dilakukan penanganan yang baik maka akan mengganggu fase berikutnya hal-hal yang harus anda lakukan adalah sebagai berikut:

Persiapan Kandang

Sebelum DOC Tiba anda harus mempersiapkan kandang ternak Anda pada tahap starter, persiapan tersebut meliputi ukuran kandang yang sesuai, tempat pakan dan minum yang sudah dibersihkan, pemanas kandang sudah siap biasanya pemanas sudah dihidupkan sebelum Doc ayam masuk. Hal ini bertujuan untuk.

Ketika ayam sudah ditempatkan di dalam kandang suhu di dalam kandang dan semua komponen nya sudah sesuai dan bersih.

Pemberian Vitamin Dan Vaksin

Setelah DOC Ayam sudah masuk dalam kandang. Maka proses selanjutnya adalah pemberian air minum yang sudah diberi vitamin dan juga vaksin biasanya dicampur dengan air gula. Tujuan utama dilakukan adalah untuk antisipasi terhadap beberapa resiko penyakit pada DOC ayam.

DOC Tahap Awal

Perawatan Ayam Starter

Pada fase starter perawatan adalah kunci utama fase berikutnya. Perawatan yang tepat dengan metode yang sesuai akan menghasilkan perkembangan ayam pada masa starter terlihat jelas. Kebersihan kandang tempat pakan dan minum harus di lakukan rutin setiap hari. Karena tempat-tempat ini memicu datangnya penyakit, selanjutnya suhu panas di dalam ruangan kandang harus tetap terjaga agar terjadi kenyamanan pada ayam anda.

Pemberian Pakan Bernutrisi Tinggi

Pemberian pakan dan nutrisi sangat penting pada masa starter. Kemudian pengelompokan ayam dilakukan berkala sesuai dengan ukuran tubuh ayam hal ini bertujuan untuk mempermudah peternak dalam meninjau atau mengetahui perkembangan ayam, setelah keseragaman didapatkan anda dapat melakukan perawatan sesuai dengan ukuran tubuh ayam dengan cara mensortir secara berkala.

Ayam yang perkembangannya cepat bisa lebih awal masuk ke fase berikutnya yaitu fase grower atau fase pembesaran ayam sedangkan ayam yang bertumbuhan nya lambat bisa kalian Booster menggunakan metode atau pemberian pakan yang lebih.

Demikianlah tahap awal anda dalam menangani ayam anakan atau DOC hingga fase grower, semoga artikel ini bermanfaat untuk anda semua terima kasih salam peternak muda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel