Klasifikasi: CiriCiri Binatang (Hewan) Mamalia

Binatang (Hewan) Mamalia juga disebut sebagai binatang menyusui, jenis binatang ini hewan mamalia karena adanya kelenjar susu yang dimiliki oleh hewan berjenis kelamin betina. Binatang ini memiliki tubuh yang diselimuti oleh bulu atau rambut pada permukaan kulitnya, memiliki tulang belakang atau sering disebut hewan vertebrata dan berdarah panas.

Gambar Binatanh Menyusui
Binatang mamalia memiliki dua cara dalam bereproduksi untuk menghasilkan keturunan, beberapa mamalia besar melahirkan keturunannya atau beranak. Sementara itu untuk jenis mamalia yang tergolong dalam monotremata melalui cara bertelur, hewan ini memiliki kelenjar susu tetapi tidak memiliki puting dan masih masuk ke dalam kelas mamalia.

Dalam persebarannya mamalia memiliki lebih dari 5000 spesies yang tersebar di seluruh dunia. Untuk wilayah Indonesia tersebar di seluruh kepulauan nusantara sekitar 170 spesies endemik yang tergolong ke dalam jenis mamalia.


Ciri-ciri Binatang (Hewan) Mamalia

Secara garis besar mamalia memiliki beberapa klasifikasi yang menggolongkan beberapa hewan ke dalam jenis mamalia. Ciri-ciri tersebut dapat Anda lihat dan amati binatang di sekitar Anda atau yang anda ketahui adalah sebagai berikut.

klasifikasi dan karakter binatang mamalia
  1. Terdapat kelenjar susu atau glandula mammae
  2. Memiliki cara bergerak dengan berenang, berjalan. Ataupun dengan karakter memegang sesuatu
  3. Memiliki tulang belakang vertebrata
  4. Memiliki struktur rambut yang menutup tubuhnya
  5. Bagian ujung jari memiliki kuku atau cakar mencengkram sesuatu.
  6. Menangkap mangsa ataupun digunakan untuk memanjat
  7. Mempunyai beberapa jenis gigi seperti gigi taring seri ataupun Jenis gigi geraham
  8. Saluran pernafasan menggunakan paru-paru sebagai alat bernafas
  9. Jantung sebagai pemompa darah memiliki 2 bilik dan 2 serambi
  10. Digolongkan ke dalam jenis homo iterm sebagai cara mengatur suhu tubuh
  11. Perkembangbiakan di dalam rahim atau uterus sebagai berkembangnya embrio.

Klasifikasi Binatang Mamalia Dan Contohnya

Hewan mamalia dibagi ke dalam kelas ordo yang masing-masing ordo tersebut memiliki beberapa karakter ciri khusus antara ordo mamalia yang satu dengan yang lainnya. Berikut klasifikasi mamalia yang dapat Anda pahami atau pelajari antara lain:

Marsupialia

Ordo marsupialia adalah jenis hewan mamalia yang memiliki kantung di bagian perutnya biasanya terdapat pada hewan yang berjenis kelamin betina. Kantong ini berfungsi untuk menyimpan anak atau sebagai tempat anak yang baru lahir pada binatang tersebut.

Terdapat beberapa contoh binatang mamalia yang dapat anda temui atau anda ketahui yaitu kangguru, kuskus dan koala. Dan anda bisa membayangkan jenis hewan ini memang memiliki kantung di bagian perut karakter yang sama.


Insectivora

Ordo insectivora merupakan golongan hewan mamalia yang sumber utama makanannya adalah jenis serangga. Ada beberapa hewan yang juga memakan biji-bijian atau binatang tanah. Ciri yang menonjol dalam hewan yang masuk dalam kategori ordo ini yaitu memiliki jenis kuku atau cakar yang cukup besar, telapak kaki bagian depan memiliki ukuran lebih lebar dan bagian mata tertutup.

Ordo Dermoptera

Merupakan jenis hewan mamalia yang memiliki parasut berbulu atau disebut patagium di bagian sela- Sela jari kakinya. Secara umum ordo ini adalah hewan herbivora atau pemakan tumbuhan buah dan dedaunan yang biasanya hidup di pepohonan.

Chiroptera

Gambar binatang mamalia malam hari

Ordo chiroptera merupakan mamalia yang bisa melayang atau terbang di udara dian pada bagian kaki depan dan belakang Binatang ini terdapat atau membran interdigital. Hewan ini biasanya tergolong kedalam hewan yang aktivitas hidupnya pada malam hari atau disebut nokturnal hari mereka beristirahat atau tidur. Contoh hewan ordo ini banyak anda temukan di lingkungan rumah Anda seperti kelelawar, Kalong.

Primata

Gambar Monyet, Kera.

Ordo primata jenis primata memiliki struktur tubuh yang hampir mirip dengan manusia. Hewan primata adalah mamalia yang memiliki tangan dan jari yang digunakan sebagai alat untuk memanjat pohon dan memegang atau menggenggam sesuatu. Hewan ini dikategorikan ke dalam herbivora, karnivora omnivo banyak sekali contoh binatang primata dan beberapa jenisnya seperti kera, orang utan, lutung, monyet dan lain-lain.

Rodentia

Ordo rodentia merupakan hewan mamalia golongkan ke dalam binatang pengerat ciri memiliki gigi bagian depan dan tidak memiliki taring. Beberapa contoh hewan antara lain tikus, kelinci, tupai dan marmut.

Gambar Kelinci, Marmut, Tikus

Carnivora

Ordo carnivora jenis hewan yang masuk dalam ordo ini dikelompokkan menjadi hewan yang memiliki kebiasaan memakan daging sebagai sumber makanan mereka. Jenis hewan ini memiliki beberapa karakter atau ciri yang khas yaitu memiliki gigi taring yang tajam memiliki cakar yang kuat dan runcing yang digunakan sebagai alat untuk mendapatkan mangsanya dan mengoyak daging mangsanya. Ada beberapa contoh hewan yang disebut karnivora antara lain serigala, harimau, singa, anjing dan kucing.

Lgomorpha

Ordo lagomorpha makan jenis hewan mamalia pemakan tumbuhan. Biasanya Binatang ini hidup di daerah rerumputan yang biasanya ada di daerah perkebunan. Contoh binatang ini dapat kalian lihat Yaitu kelinci.

Cetacea

Ordo cetacea binatang mamalia yang hidup di laut kita banyak kenal sebagai mamalia laut. Contoh Binatang ini adalah jenis ikan lumba-lumba dan juga ikan paus biru.

Proboscidea

Ordo proboscidea jenis hewan mamalia ini merupakan besar hanya memiliki satu yaitu jenis hewan gajah yang ada di seluruh dunia.

Perissodactyla

Ordo perissodactyla merupakan jenis binatang mamalia yang memiliki jumlah jari ganjil dan memiliki kaki berjumlah empat dengan contoh keledai, kuda dan Tapir.

Artiodactyla

Ordo artiodactyla adalah binatang mamalia yang memiliki jari kaki berjumlah genap, dengan kaki berjumlah 4. Contoh Binatang ini adalah kijang, banteng, kambing jerapah, unta dan sapi.

Demikianlah penjelasan dari kami mengenai beberapa karakter hewan mamalia atau hewan menyusui yang dibagi menjadi ordonya masing-masing beserta contoh. Semoga bermanfaat dan menjadi referensi terpercaya untuk anda semua. Kasih salam Peternak Muda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel