Usaha Ternak Burung Kicau Sukses (Bird Breedeng)

Ternak Burung, adalah usaha yang dilakukan untuk membudidayakan ungas terbang diluar habitat aslinya. Dengan memanipulasi lingkungan rumah, dan menjadikan burung mampu beradaptasi dengan baik. Banyak yang menganggap aktifitas ini hobi saja, padahal jika ditekuni dapat menghasilkan penghasilan yang luar biasa.

breeding burung kicau



Ternak Burung Kicau

Tahukah anda bahwa burung kicauan memiliki daya tarik yang kuat bagi masyarakat indonesia, secara cerdas masyarakat melakukan bird breeding dengan kreatif. Nilai seni suara gacornya burung seperti Burung Murai, Kacer, Lovebird, Kenari dan jenis lainya memiliki potensi ekonomis.

Bukan hanya seperti ayam sapi dan kambing, jenis unggas sekarang dirasa memiliki kuantitas yang minim di alamnya. Selain itu ada beberapa jenis unggas yang sudah di amankan dengan Undang-Undang dan dilindungi pemerintah.

Jenis Burung Ternak Potensial

Beberapa spesies unggas terbang dirasa memeiliki nilai intrinsik. Warna, bentuk dan jenis suara kicaunya memiliki hubungan tarik menarik dengan penikmatnya. Dibawah ini beberapa burung yang memiliki nilai sesuai kepopulerannya.

Murai Batu

Burung murai batu merupakan burung petarung yang memiliki harga yang cukup mahal. Bahkan dengan kualitas yang baik akan dihargai puluhan bahkan ratusan juta rupiah. Bukan sekedar makhluk kecil berbulu, tetapi penikmatnya memiliki rasa kepuasan yang berbeda dengan memeliharanya.


Melihat situasi ini anda dapat menilai betapa besar keuntungan jika, anda memiliki beberapa pasang murai yang produktif dirumah. Jenis murai juga menentukan harga sesuai habitat domisilinya. Satu ekor murai anakan dapat dihargai 1,5 sampai 3 juta rupiah.

Burung Kacer

Burung magpie berwarna hitam dan putih ini, bagi generasi 70 an dianggap burung liar tak berharga. Tahukah anda bahwa sekarang burung tersebut mulai langka dan aulit ditemukan disekitar kita.

Masih ingatkah kalian denga kacer Rencong, Kacer Adipati dan Panglima Sumatra. Setiap menjuarai lomba dapat menghasilkan pundi-pundi uang jutaan rupiah. Para breeder mulai Mengembangkan untuk menghasilkan turunan yang bervariasi dan menguntungkan.

Lovebird Breeding

Burung cinta ini sebenarnya adalah burung hias, awalnya hanya digunakan untuk penelitian genetik. Hasil warna yang diturunkan akan mengidentifikasi karakter tertentu.

Do Indonesia panjang kekekan akan menentukan ukuran kualitas. Mudahnya bertelur membuat lovebird sangat mudah diternak. Karakter yang mirip dengan burung dara merupakan, contoh potensial untuk dilestarikan.

Burung Kenari

Canary bird merupakan burung yang biasa memakan biji-bijian atau seed. Tak perlu mencari pakan yg aneh aneh, anda dapat memeliharanya dengan perawatan yang mudah.

Jenis kenari tersebar dengan jumlah yang banyak, sama seperti halnya burung lovebird kenari mudah bertelur, mudah beradaptasi, dan memiliki perawatan yang mudah. Anda bisa mencoba menjadi peternak burung kenari untuk anda kembangkan dirumah anda.

Demikian beberapa dunia beternak burung kicau di Indonesia yang anda dapat ketahui. Semoga dapat menjadi tambahan informasi yang bermanfaat, semoga membuka wawasan kita atas dunia ternak yang tidak kita bayangkan keberhasilanya. Salam Peternak Muda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel