Mengenal Lebih Dekat Ayam Kampung Joper (Jawa Super)

Ayam Joper, Sejak dahulu para pengagum masakan dengan menu daging ayam, jenis kiliner ayam kampung termasuk pilihan utama dibandingkan jenis ayam potog (broiler). Dari segi tertentu cita rasa, daging ayam kampung yang paling gurih dan istimewa. Bagian terluarnya yaitu kulitnya jika dimasak ketika digigit kekenyalanya terasa, dan kelembutanya khas, dan tidak lembek.
Ayam Jowo Super

Latar Belakang Muculnya Ayam Joper

Kandungan gizi ayam kampung lebih unggul. Hal ini disebabkan oleh kadar lemak dalam dagingnya lebih sedikit dibandingkan dengan broiler, jadi resiko peningkatan kolesterol tergolong rendah. Aman sekali untuk dikonsumsi bahkan diklaim dapat berfungsi membuat badan lebih bugar dan sehat

Stok yang sangat terbatas terkadang tidak sesuai dengan permintaan pasar. Proses pembesaran hingga siap konsumsi, butuhkan waktu yang cukup lama. Dibandingkan ayam broiler yang memiliki jangk waktu yang lebih cepat. Harga yang lebih mahal membuat banyak orang memilih untuk membeli ayam broiler untuk dikonsumsi. Bahkan setiap acara keagamaan, resepsi, dan lain lain. Broiler masih menjadi idola dan lebih dominan.

Sukses ternak Ayam Jowo Super

Durasi Beternak Ayam Joper

Untuk Mengatasi dilema diatas, ditemukan komposisi baru dan menghasilkan ayam yang dapat mengatasi permasalahan tersebut. Ya namanya adalah Ayam Joper (Jowo Super). Benerapa pebisnis kuliner mulai meliriknya, permintaan jenis ini, baik dari sisi daging maupun telur. Mengapa? Ayam kampung Joper dapat dipanen lebih cepat daripada ayam kampung, kurang lebih 50 hari untuk mendapatkan bobot 1 kg. Yang luar biasa lagi adalah, cita rasa dan tekstur ayam Joper juga tidak kalah jauh dengan ayam kampung murni, terutama untuk ayam Joper muda.

Tingkat kematian yang kecil, serta kotoran yang tidak terlalu menyengat membuatnya cocock dipelihara dilingkungan sekitar dengan lahan sempit. Bagaimana menurut anda apakah anda tertarik? silahkan anda mwncobanya.

Sejarah Ayam Joper

Tahukah kalian? Bahwa Ayam Joper dihasilkan dari indukan ras ayam dengan jenis pejantan lain seperti bangkok, pelung, ayam kedu, atau jenis lainnya. Ayam joper memiliki lima jenis variasi persilangan untuk menghasilkan ayam Joper; misalnya ayam Kedu dengan ayam White Leghorn, Rhode Island, ayam ras pedaging dengan ayam kampung, ayam petelur dengan ayam kampung bangkok, ayam ras petelur dan ayam bangkok, serta persilangan ayam Lignan dengan ayam kampung. Namun, perlu diketahui jika indukan ayam betina Joper disilangkan kembali akan menghasilkan jenis ayam yang mutunya jelek.

Keunggulan Ayam Jowo Super

Berikut beberapa kemudahan dalam beternak ayam joper.

  • Beternak dapat dilakukan dalam lahan sempit, dengan perawatan yang mudah.
  • Dari(Days Old Chicken) hingga panen ayam dapat dikandang sampai panen
  • Ayam takgampang rewel, hal ini akan mempermudah anda dalam merawatnya.
  • Perkembanganya lebih cepat dibandingkan dengan ayam kampung biasa.
  • Pertumbuhanptimum sesuai dengan jadwal panen dan target pasar.
  • Ayam selalu terjaga dari serangan penyakit dengan manajemen pemeliharaan yang baik.

Demikian yang dapat kami jelaskan hingga saat ini, ingat tidak ada kekalahan ketika kita masing berusaha berdiri. Kekalahan adalah ketika kita terjatuh kita tak mau beranjak. Yuk mencoba beternak dan menghasilkan ayam joper yang berkualitaa, salam satu hobi Peternak Muda.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel