Mengenal Kambing Kacang (Jawa) Sebagai Kambing Potong

Kambing Kacang Pedaging

Kambing Kacang, adalah jenis yang menjadi unggulan indonesia, keberadaannya memang dikembangkan di Indonesia. Selain itu kambing ini merupakan spesies yang paling mudah beradaptasi dengan lingkungan, sehingga sangat cocok untuk dikembangkan peternak diseluruh nusantara sebagai kambing pedaging.  Siapa yang tak mengengenalnya

Ciri Umum Kambing Kacang


Ciri Ciri Kambing Kacang

Kambing Pedaging Jenis Kacang

Nama Lain : Kambing Jawa
Jenis : Kambing Potong (Pedaging)
Tanduk : Memiliki tanduk pendek
Bentuk Tubuh : Kecil antara panjang dan tinggi ideal
Kepala : Ringan Dan Kecil
Warna Bulu : Memiliki kombinasi Hitam, Putih dan Coklat
Telinga : Pendek tegak
Berat : 25 kg - 30 kilogram

Kambing Potong "pedaging" Potensial

Harga kambing yang tergolong murah dan terjangkau apalagi memiliki tubuh kecil berisi, membuat jenis ini banuak dikembangkan oleh peternak tradisional bahkan selalu terjaga keberadaannya. Tingkat reproduksi yang tinggi membuatnya mudah berkembang dan beranak pinak. Dengan intenaitas tinggi menjadikannya sebagai pilihan yang tepat untuk memulai bisnis ternak kambing dalam skala kecil atau besar. Berbeda dengan Kambing Etawa yang kita bahas sebelumnya.

Keunggulan Kekurangan Kambing Kacang

Kambing yang sering disebut kambing jawa merupakan mamalia kecil berkaki empat yang banyak ditemukan dipulau jawa pada awalnya. Keunggulan kambing jawa adalah mudah menyesuaikan dalam suhu dan medan yang ekstrem, memiliki rasio anak lebih banyak dan sering menghasilkan anak kambing kembar tiga. Dengan harga yang terjangkau menjadikanya sebagai pilihan untuk kalangan menengah kebawah sebagai kambing potong.

Kekurangan kambing kacang yaitu tidak dapat memproduksi susu banyak, ukuran tubuh kecil dan pendek jarang menjadi pilihan masyarakat kalangan menengah keatas. Tubuh pendek dan tidak memiliki kesan gagah.

Demikian penjelasan singkat mengenai Jenis kambing kacang yang dapat kami sampaikan semoga bermanfaat dan menambah wawasan kita semua. Selamat beraktifitas dan salam Peternak Muda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel