Cara Tradisional: Mengolah Kotoran Ternak Menjadi Pupuk Kandang

Mengolah Kotoran Ternak, merupakan hal yang harus dilakukan bagi peternak agar limbah yang sarat akan bahan polusi tidak mengganggu pernafasan. Selain ada dampak negatif ternyata pupuk yang dihasilkan dari kotoran ayam merupakan bahan terbaik. Untuk menghasilkan sumber penghasail konsumsi tumbuhan terbaik dibandingkan pupuk kimia.

Kotoran ayam, kotoran kambing, kotoran sapi



Mengolah Kotoran Ternak Secara Sederhana

Tahukah anda bahwa kotoran Ayam, Sapi dan Kambing tidak dapat langsung digunakan untuk pupuk, mengapa demikian?
Kotoran ayam mengandung unsur kimia yang baik bagi tanaman, tetapi penghunaan secara langsung juatru akan memperburuk kondisi tanaman. Maka kotoran tersebut harus anda olah agar unsur hara pada kotoran tersebut stabil.

Cara Tradisional membuat Pupuk kandang

Tidak membutuhkan bahan pengurai dalam membuat pupuk kandang tradisional, petani atau peternak terkadang menambahkan bahan pengurai untuk mempercepat pembusukan kotoran menjadi pupuk. Cara terbaik mengurai pupuk kandang adalah hanya dengan mengumpulkan pupuk kandang yang dihasilkan oleh hewan ternak. usahakan ditempat yang radiusnya tidak menyebar dan mengganggu lingkungan.

Setelah itu proses panas dan guyuran hujan akan mengurai kotoran tersebut secara alami, membutuhkan waktu yang cukup lama hingga bisa digunakan. Setelah 4 hingga 6 bulan anda dapat menggunakanya sebagai campuran dalam menanam tanaman anda.

Pupuk Kandang Dari Proses Pengolahan

Sebagai Catatan ketika musim kemarau tiba penyiraman dapat dilakukan untuk mempercepat pembusukan kotoranlebih cepat.

Ciri Kotoran Ternak Yang Menjadi Pupuk Kandang

Beberapa tanda bahwa proses anda berhasil dan siap digunakan yaitu cukup melihat, mencium dan memegangnya. Ciri-ciri Kotoran ternak yang sudah siap digunakan menjadi pupuk adalah:
  1. Bentuk Kotoran sudah berubah bentuk menjadi dan menyerupai tanah, untuk kotoran hewan seperti kambing dan sapi biasanya sudah berubah menjadi hitam atau coklat pekat.
  2. Bau Kotoran Sudah tidak menyengat dalm radius 1-5 meter
  3. Unsur hara dalam pupuk kandang stabil ditandai dengan suhu pupuk tidak lagi panas, tidak menghasilkan gas alami berlebihan.
Demikian cara yang umum dilakukan masyarakat untuk emngatasi kotoran ternak anda. Pesan dari kami manusia adalah makhluk sosial, maka hindari semua kegiatan anda yang dapat mengganggu ketertiban dan kenyamanan lingkungan. Usahakan limbah diolah dengan meminimalisir semua kemungkinan yang terjadi dengan tetangga anda. Salam Peternakmuda.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel