Cara Ternak Ayam Kampung Pemula

Ternak Ayam Kampung dapat anda lakukan dengan baik, banyak hal yang menjadi ancaman dan momok yang ditakuti. Kematian mendadak, pengeluaran pakan yang membengkak, pemasaran yang sulit, modal yang besar dan lain lain. Padahal jika dilihat dari karakter aslinya ayam kampung adalah spesies yang paluk kuat dari jenis ayam lainya.

Gambar Cara merawat Ternak Ayam Kampung

Perawatan ayam kampung yang tidak tepat formulanya adalah persoalan yang serius. Terkadang peternak menganggap ayam kampung dapat di boost seperti ayam pedaging atau petelur. Yang sebenarnya sifat genetik ayam kampung adalah ayam yang harus memiliki ruang agak lebar untuk membentuk daya tahan tubuh dan keluatan otot secara alamiah.

Ternak Ayam Kampung Pemula

Peternak baru terkadang memulai usahanya dengan terburu-buru sebelum melakukan pengamatan. Konsultasi dengan peternak Ayam Ras dan Kampung berpengalaman dan sukses merupakan pendukung yang tepat, selain itu banyak hal yang harus dilewati dengan dasar sebagai berikut.

Gambar DOC Ayam Buras Kampung

Membuat Perencanaan Matang

Perencanaan pra ternak harus anda lakukan dengan menghitung modal dengan asumsi mulai dari pembelian DOC, Jangka Waktu Panen Ayam, Pembuatan Kandang, Hingga Kebutuhan Pakan, vaksin dan obat. Dengan perhitungan yang baik maka target yang dicapai akan diketahui dan dapat dievaluasi dengan baik pasca panen ayam kampung.

Sharing Dengan Komunitas Ternak

Motivasi peternak akan muncul ketika kita memiliki kawan untuk saling mendukung satu dengan yang lain. Bukan hanya dukungan biaya konsistensi yang baik harus dijaga dengan kebersamaan kawan yang memiliki tujuan yang baik. Maka pilihlah komunitas yang baik untuk membangkitkan dang menguatkan fokus ternak anda

Coba anda perhatikan pasti banyak peternak sukses bukan dari pendidikan atau kematangan teori saja. Justru orang yang memiliki pengalaman yang terbukti merupakan sumber informasi yang baik.

Lakukan Eksperimen Yang Masuk Akal

Strategi ternak ayam kampung memang bermacam-macam, jangan pernah merasa semua trik dapat diterapkan di segala medan. Kondisi alam terkadang ada yang mendukung dan menghancurkan strategi. Pikirkan benerapa resiko yang memungkinkan terjadi, carikan solusi dan terapkanjangan lupa untuk selalu mengawasi dan mencatat setiap perubahan yang terjadi. Gunakan untuk musim selanjutnya ketika itu dirasa berhasil dan sukses, jangan lupa berbagi kepada orang lain agar menjadi keberkahan untuk kita.

Sisakan Dana Untuk Antisipasi

Savingan dana ketika proses beternak berjalan berguna, jangan habiskan uang anda diawal karena itu berguna ketika segala kemungkinan terjadi. Ketika usaha sudah berjalan fokus bukan hanya di perawatan saja, manajemen pengeluaran harus anda jaga dengan baik. Catatan yang rinci dan tidak berpengaruh dengan kebutuhan lain akan mempermudah anda mengkalkulasi keuntungan dan kerugian pasca panen.

Cara Ternak Ayam Kampung

Banyak jalan menuju roma bukan hanya sekedar kata tetapi bisa dibuktikan, belajar ternak bagi pemula seperti seseorang mengerjakan Rumus Untuk menghasilkan bilangan yang tepat. Ketika semua cara kalian ketahui anda tinggal lakukan langkah ternak ayam kampung yang tepat. Berikut Tutorial ternak ayam kampung!

Trik Ternak Ayam Kampung Sukses

Tentukan Modal Yang Tepat

Jangan ikuti nafsu tetapi lihat keadaan, berapa uang yang anda miliki kemudian tulis kebutuhan biaya baik pra-ternak, proses ternak sampai pasca- ternak. Lalu anda lakukan pembelian sesuai kebutuhan.

Buat Jadwal Ternak

Ketika proses, scedule yang anda buat harus di lakukan pengecekan ketika setiap kegiatan sudah terlewati. Apakah terjadi perubahan yang baik atau justru buruk, selanjutnya maksimalkan lagi proses yang sudah berjalan.

Survey Lokasi Ternak

Jangan anda anggap remeh ternyata suhu udara dan temperatur mempengaruhi perkembangan ayam kampung, lokasi dekat dengan pemukiman juga harus memiliki sistem sanitasi kotoran ayam kampung yang baik, agar tidak mencemari lingkungan. Selanjutnya buat kandang dengan ukuran dan konsep kandang yang tepat sesuai luas lokasi posisi karah kandang yang tepat.

Pemberian Vaksin dan Obat

Memberikan vaksin kepada ayam kampung yang anda pelihara harus sesuai dosis dan takaran, cara yang tepat juga mempengaruhi kesehatan ayam. Perhatikan ayam setiap hari agar gejala penyakit terdeteksi dan segera diisolasi untuk dilakukan pengobatan yang tepat.

Tentukan Target Penjualan

Marketing harus anda lakukan sebelum ayam masuk masa panen, sebelumnya anda harus sudah memiliki tujuan pasar dengan kesepakatan pra panen. Setelah anda mendapatkan konsumen dengan harga sesui, anda dapat menimbang dan menjual ayam kampung anda.

Hitung Selisih Modal Dan Penghasilan

Setelah ayam kampung terjual, jika hasil penjualan lebih besar dari modal yang dikeluarkan berarti anda mendapatkan keuntungan. Jika sebaliknya anda berarti mengalami kerugian, setelah keuntungan anda dapatkan perhitungkan waktu apakah sesuai dengan penghasilan. Setelah semua sudah dievaluasi lakukan musim ternak selanjutnya dengan baik jangan lupa selalu simpan kelebihan dana untuk dana cadangan.

Semoga Anda menjadi Peternak Ayam Kampung Sukses dan dapat memenuhi kebutuhan hidup anda. Semoga rasa tanggung jawab dan kerendahan hati selalu tersemat dalam diri kita semua. Terimakasih semoga bermanfaat salam satu hobi peternak muda

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel