Cara Mengobati Penyakit Snot Ayam Dengan Air Kelapa

Penyakit Snot Ayam, adalah jenis penyakit yang menyerang saluran pernapasan pada unggas, gejalanya biasanya ditandai dengan kondisi ayam lesu dan bagian paruh ayam mengeluarkan lendir (pilek), ada - ada saja ya ayam kok bisa pilek!. Itulah kenyataan yang harus dihadapi ketika anda memulai dan menjadi seorang peternak.

Ayam Sakit Karena Snot
Seperti Flu kondisi disebabkan oleh bakteri dan virus, anda harus segera melakukan penanganan sesegera mungkin agar tidak menular bahkan dapat menyebabkan kematian pada ayam kesayangan anda.

Mengobati Penyakit Snot Ayam

Sebelum saya beritahukan caranya sebenarnya cara ini saya dapatkan bukan dari peternak ayam atau dari penyuluhan. Awalnya sebelum saya beternak ayam saya menekuni hobi memelihara burung kicau, ketika burung saya terkena snot parah pada saat itu saya obati dengan air kelapa muda atau dugan. Alhasil mendapatkan hasil yang memuaskan sembuh tital dalam 3 hari dan suara burung saya berangsur kembali.

Alat dan bahan obat

Tak perlu susah payah anda membeli obat, pohon kelapa dilingkungan kita begitu banyak. Anda cikup memetiknya dan berikan ke ayam anda, walaupun diberikan jangan asal memberikan anda harus mengetahui kapan air dugan hijau dapat diberikan. Semua jenis dugan kelapa dapat anda berikan tapi lebih afdol lagi kalau anda berikan dengan berdoa menurut keyakinan masing-masing dengan ikhlas.

Alat yang harus anda siapkan hanya cepuk kecil untuk wadah air kelapa, dan bahan utamanya adalah air kelapa harus anda siapkan. Setelah semuanya siap anda dapat berikan ke ayam anda dengan metode berikut.

Cara Mengobati Snot Pada Ayam

Gejala Snot
Setelah jamu air kelapa siap anda harus menyiapkan ayam anda yang terserang snot, selanjutnya anda dapat melakukan langkah sebagai berikut:
  1. Syarat utama adalah anda harus bangun pagi karena ayam harus mendapatkan proses penjemuran sebelumnya.
  2. Sebelum dijemur bersihkan permukaan paruh, jika kondisinya masih bagus anda dapat memandikanya sebelum dijemur.
  3. Jemur ayam dengan jangka yang lebih panjang, ingat pantau proses penjemuran jangan sampai ayam anda jadi ayam panggang ya.
  4. Jemur Selama mungkin hingga ayam membuka paruh atau mangap-mangap kata orang jawa. Jika liur menetes biarkan saja.
  5. Setelah penjemuran angkat ayam dari sinar matahari.
  6. Berikan air kelapa yang sudah disiapkan dicepuk dan minumkan hingga ayam puas.
  7. Kelebigan dosis tidak akan menyebabka ayam anda mati karena air kelapa tidak memiliki kandungan kimia berbahaya untuk unggas.
  8. Lakukan rutin sehari sekali hingga ayam anda sembuh total,
  9. Semoga Sembuh ya ayamnya.Good Luck.

Manfaat Kandungan Air Kelapa

Sahabat peternak sekalian kelapa adalah tanaman yang buahnya mengandung banyak sekali manfaat, bahkan minyaknya dipercaya dapat mengobati berbagai penyakit. Air kelapa mengandung kandungan hidrolit yang baik untuk membentuk kebugaran tubuh. Antioksidan pada air kelapa muda dapat anda gunakan untuk menetralkan racun yang ada didalam tubuh anda.
Demokian Tutorial Mengobati Ayam yang terkena Penyakit Snot, semoga artikel ini membantu dan dapat menjadi alternatif anda dalam merawat ayam anda. Unggas adalah hewan yang halus nalurinya, perlakuan kita terhadapnya akan berdampak balik kepada kita. Salam Peternak Muda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel