Cara Beternak Ayam Joper Untuk Pemula

Ternak Ayam Joper, Jenis unggas memiliki kepanjangan Jawa Super. Ayam yang satu ini adalah hasil kawin silang antara pejantan ayam kampung dan indukan jenis ayam petelur. Dengan demikian hasil silangnya sering disebut ayam jawa super, ayam kamper, ayam kampung super dan berbagai jenis nama lainya.

Cara Ternak Ayam Joper

Munculnya ayam joper tidak tiba-tiba begitu saja, hal ini disengaja untuk menghasilkan ayam dengan postur yang besar, dengan daging kenyal laksana daging ayam kampung. Selain itu juga proses pembesaran ayam joper jauh lebih cepat daripada ayam kampung. Bagaimana hebat bukan? jika anda tertarik anda bisa memulai ternak dengan jenis ayam yang memiliki banyak keunggulan ini.

Cara Ternak Ayam Joper

Seiring munculnya ayam ini banyak peternak yang memulai usaha ternak, dengan berbagai tehnik dan cara dilakukan untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Pasar ayam mulai ramai memperbincangkanya, permintaan yang mulai menanjak tajam untuk konsumsi rumahan atau usaha rumah makan

Kelengkapan Kandang

Beberapa peralatan kandang harus anda siapkan untuk memenuhi kebutuhan dan kenyamanan hidup ayam. Ada beberapa hal yang perlu anda siapkan, sebagai berikut.

Lampu Pemanas

Pemanasan diberikan untuk anakan ayam yang disebut DOC ayam. Pemberian panas anakan ayam dilakukan dengan memasang bohlam lampu dildalam kandang Doc, pemberian disesuaikan suhu yang tepat. Dibandingkan dengan gas lampu bohlam lebih baik dan efisien untuk memberikan suhu panas pada ayam. Biasanya per 100 ekor diberikan satu bohlam dengan ukuran suhu sekitar 60 -100 watt.

Wadah (Tempat) Pakan

Pakan diberikan menggunakan wadah yang selalu terjaga kebersihanya, anda dapat menyeting tempat pakan agar aman dan tidak tercampur dengan kotoran ayam. Usahakan pakan yang diberikan dapat mencukupi kebutuhan isi perut ayam anda secara merat.

Gambar Tempat Palan Ayam Joper

Tempat Minum Ayam

Wadah minum berfungsi untuk mencukupi kebutuhan air didalam tubuh ayam, usahakan berikan wadah yang mencukupi dan merata untuk semua ayam. Untuk menjaga kebersihan air usahakan pisahkan wadah air dengan pakan dan letakan lebih tinggi dari pangkal paha ayam dengan cara digantung dengan tujuan mengurangi kotornya air minum ayam.

Kandang Ayam

Modal awal yang harus anda siapkan adalah kandang ayam yang akan ditempatinya. Usahakan hunian ayam anda memiliki kriteria sebagai berikut.

Ukuran Kandang Ayam

Jika masa pertumbuhan, untuk ukuran kandang 1 meter persegi harus mencukupi maksimal 100 ekor, setelah semakin besar anda dapat memindahkanya kedalam kandang yang lebih besar. Rata rata ukuran kandang dengan usia ayam yaitu untuk umur 2 bulan per 1 meter persegi kandang, harus mencukupi 9-10 ekor ayam yang ditampung.

Gambar Kandang Ayam Kampung Joper

Lantai Kandang

Alas kandang disebut dengan lantai yang dapat dibuat untuk menampung kotoran ayam. Anda dapat memberikan pasir dan sekam bakar untuk mengurangi bau kotoran serta membuat kotoran ayam anda cepat kering dan tidak mudah menjamur.

Memilih Bibit Ayam Berkualitas

Pemilihan bibit ayam adalah modal utama yang akan menentukan bobot ayam anda perekor. Semakin baik bibit hasil akhirnya pasti maksimal, anda dapat memilih bibit dengan melihat postur DOC, Keaktifan anakan ayam dan sorot mata ayam yang segar.

Pakan Ayam

Cara memilih pakan yang tepat sebenarnya sangat mudah, anda sebenarnya cukup menggunakan pakan seperti merawat ayam broiler. karena fase ayam joper sama persis yaitu fase awal, fase pembesaran ayam dan fase akhir ayam.

Pada tahap awal anda dapat menggunakan voer 511, dan jenis voer lain. Pada tahap pembesaran anda bisa menggunakan pakan pembesaran hingga fase akhir. Kebutuhan pakan yang harus anda siapkan untum ayam joper anda adalah sekitar 2 kwintal untuk 100 ekor ayam selama 60 hari.

Masa Panen Ayam

Pemanenan ayam biasanya dilakukan jika anda sudah memiliki bobot diatas 1 kg per ekor. Tetapi tergantung anda kapan akan memanenya, biasanya masa panen dilakukan sesuai dengan permintaan konsumen dan kekuatan pemasaran anda. Hati-hati dengan perawatan anda karena biasanya mempengaruhi biaya pembesaran yang menyebabkan anda rugi atau hanya sedikit mendapatkan keuntungan.

Tujuan merawat ayam joper adalah mendapatkan keuntungan maksimal. Anda harus belajar dan terus melakukan perubahan yang untuk semakin baik. Belajarlah dari kesalahan anda dan lakukan perbaikan dengan maksimal. Semoga anda menjadi pengusaha ayam sukses dan salam Peternak Muda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel