Manfaat Pemberian Vaksin Pada Unggas

Vaksinasi Unggas - adalah menyuntikan atau pemberian anti gen pada hewan ternak, untuk memberikan rangsangan sistem kekebalan sehingga menghasilkan kekebalan atau antibody tertentu agar terhindar dari beberapa penyakit yang disebabkan oleh bakteri, jamur atau virus yang dapat menyerang binatang peliharaan.

 Manfaat Pemberian Vaksin Unggas



Banyak pepatah yang mengatakan pentingnya pencegahan sebelum terjadi penanganan pengobatan, mengapa demikian? terkadang ketika penyakit mulai menyerang unggas biasanya unggas lain akan terjangkit gejala yang sama ketika kita terlambat menyadari dan mengkarantinanya.

Pentingnya Vaksinasi Pada Unggas

Seberapa penting vaksinasi terhadap hewan ternak anda yang sedang dalam proses budidaya anda?

Ternyata jawabanya adalah seberapa besar keikhlasan anda ketika tidak melakukan vaksin akan mengalami banyak kerugian dan kekecewaan. walaupun terkesan remeh tetapi banyak manfaat yang akan anda rasakan, nanti akan kami bahas mengenai manfaat pemberian vaksin pada ayam, bebek atau ternak hewan bersayap anda.

Manfaat Vaksin Untuk Ayam Dan Unggas Lain

Bukan hanya manusia hewan juga ternyata perlu divaksin, pola hidup yang berbeda juga akan mempengaruhi tingkat kerentanan dari serangan penyakit. Coba bandingkan walaupun unggas memiliki struktur bulu yang tebal, ketika pola hidup mereka sudah tidak bebas lagi maka naluri pola hidup dialam mereka akan hilang. Sehingga ketika memelihara dalam lingkup yang kita batasi kebersihan tempat dan pakan pun harus dijaka secara berkala.

Fungsi Vaksin Pada Ternak

Beberapa pemberian vaksin dilakukan pada binatang ternak memiliki beberapa fungsi sebagai berikut:
  1. Penjaga sistem kekebalan atau imun pada tubuh agar tidak mudah terserang penyakit.
  2. Pencegahan penyakit datang kedalam badan unggas dan penyebaran virus atau bakteri keunggas lain.

Manfaat Vaksin

  1. Menekan biaya peternak ketika vaksin diberikan diawal sebagai antisipator.
  2. Kekebalan tubuh unggas meningkat dan memberikan efek kebugaran yang maksimal.
  3. Mempermudah peternak mengontrol dan melakukan perawatan pada hewan ternaknya.

Jenis Vaksin Unggas

Ditinjau dari jenis Antigennya kami mengumpulkan beberapa bentuk vaksin yang dapat dilakukan kepada unggas yaitu tiga jenis diantaranya:
  1. Vaksin Viral, Pengembangan dilakukn untuk mengobati penyakit yang dipengaruhi oleh virus.
  2. Vaksin Protozoa, Untuk menyembuhkan penyakit karena protozoa biasanya dilakukan injeksi dada.
  3. Vaksin Bakterial, Biasanya dilakukan untuk mengobati penyakit karena bakteri.
Proses Pemberian Vaksin dapat dilakukan melihat beberapa pertimbangan yang udah kami paparkan, semoga dapat membuka mata kita dan saling menebar manfaat sesama peternak unggas, Kami ingatkan sekali lagi konsultasikan dosis pemberian vaksin dengan dokter hewan di wilayak kita masing-masing, Peternak Muda.
Post Terbaru
Post Sebelumnya Post Sebelumnya
Please Note The Posting Date And Limit The Acceptance Of Employees On The Date/Month Specified By The Company Job Opening. Thanks