Istilah DOC Ayam (Day Old Chicken) Pada Dunia Ternak

DOC Ayam - Sering dipakai untuk anakan dalam ternak unggas ini, untuk masyarakat awam terkadang jarang yang mengerti bahkan bingung dengan istilah yang memiliki kepanjangan Day Old Chicken ini. Jangan kawatir kami akan berusaha menjelaskan secara gamblang agar kita sama-sama mengetahuinya.

gambar doc ayam day old chicken

Pengertian DOC Ayam

DOC ayam (Day Old Chicken) adalah seekor ayam yang memiliki usia atau umur dibawah 10 hari hingga 14 hari paling lama usianya dihitung dari hari pertama ayam tersebt menetas. Istilah DOC biasanya digunakan untuk jenis anakan ayam untuk jenis ayam pedaging (potong). Biasanya anakan yang baru menetas hingga empat belas hari ini derawat untuk dijadikan bibit leh peternak untuk dibesarkan dan menghasilkan daging sehingga dapat dikomersilkan untuk mendapatkan keuntungan yang lebih besar.

Memilih Piyik Ayam Sebelum Beternak

Jika diartikan dalam bahasa indonesia DOC memiliki arti Ayam Berumur Satu Hari, tetapi dilapangan berbeda bukan lagi satu hari tetapi ayam yang masih piyik. Berat ayam DOC memiliki ukuran rerata kisaran 35-40 gram setiap ekornya.
 pemilihan doc ayam sehat

Dalam Dunia Peternakan ayam sekarang istilah DOC sudah menjadi istilah untuk semua jenis anakan ayam yang diternak secara masal oleh masyarakat. Bagaimana Sobat Peternak Muda sekalian, sekarang pasti anda memahaminya?

Hal yang perlu diperhatikan untuk keberhasilan ternak anda adalah kejelian dan perhitungan yang tepat dalam memilih DOC, Ingat! jika anda beternak dalam jumlah besar kesalahan pemilihan piyik ayam akan mengakibatkan kerugian yang anda buat sendiri sebelum membesarkan DOCnya.

Cara Memilih DOC Sebelum Beternak Ayam

Sebelum Anda memilih jangan lupa lakukan check dan perbandingan harga DOC Ayam Petelur dan DOC ayam pedaging DOC ayam Joper atau jenis ayam lainnya . Setelah melakukan pengecekan harga pasar anda dapat melakukan hal-hal sebagai berikut:
  1. Pilih DOC ayam yang sehat, yang memiliki ciri dengan melihat kondisi mata anakan ayam yang cerah tidak sayu, kondisi bulu yang sehat dan nampak kering, terlihat lincah dan aktif perilakunya, satu lagi hal yang harus diperhatikan pada bagian anus DOC tidak terlihat kotoran yang menempel dan terlihat bersih. Setelah semua hal tersebut terpenuhi maka dapat disimpulkan ayam DOC tersebut baik
  2. Indukan DOC tidak memiliki penyakit, kesempurnaan indukan DOC adalah kunci perkembangan yang baik pula pada tahap pembesaran. Maka lakukan interaksi dan pemantauan yang tepat pada indukanya.
  3. DOC Memiliki Cacat Bawaan atau kecelakaan selain itu kelainan yang tak tampak secara langsung atau kasat mata anda juga harus memperhatikanya.
  4. Kwalitas Indukan DOC, harus memiliki keunggulan pada postur dan efisiensi pakan sehingga DOC akan memiliki perkembangan yang cepat pada berat tubuhnya.
  5. Pilih DOC Yang Divaksin, biasanya menggunakan ND agar memiliki daya tahan yang baik tidak rentan terhadap penyakit dan stress.
DOC Ayam yang sudah anda pahami dari penjelasan kami semoga mengikuti kesuksesan anda sebaga peternak yang kreatif dan inovatif dalam mendulang rupiah. Jangan patah semangat terus berkarya hingga apa yang anda inginkan terpenuhi. Rawatlah alam maka alam akan merawat anda seperti itulah beternak ayam peliharalah ayam sepenuh jiwa kalian maka ayam akan memelihara anda. Jangan lupa berdoa salam sehati dari kami Peternak Muda


Post Selanjutnya Post Selanjutnya
Post Sebelumnya Post Sebelumnya
Please Note The Posting Date And Limit The Acceptance Of Employees On The Date/Month Specified By The Company Job Opening. Thanks