Perbedaan Ayam Ras Dan Buras (Kampung) Yang perlu Dipahami

Ayam Ras Dan Buras - Dalam dunia keilmuan unggas yang satu ini memiliki nama ilmiah Gallus Galus Domesticus, setelah anda mengetahui istilah latinya kami akan menjelaskan lebih jenis nya. Secara umum mungkin masyarakat awam belum banyak yang memahami secara rinci perbedaan dan klasifikasinya, jangan khawatir yuk! simak dan baca informasi dari kami agar anda tidak bingung dan tidak tahu secara berkepanjangan.

Gambar Perbedaan Ayam Ras Dan Ayam Buras


Perbedaan Ayam Ras Dan Bukan Ras

Secara Garis Besar banyak masyarakat indonesia tidak dapat mengelompokan jenis ayam yang sebenarnya berada disekeliling kita dengan bentuk dimulai dari ujung paruh hingga ujung kuku ayam. Unggas yang familier disekitar kita ini dapat dibudidayakan dengan mudah dengan perawatan yang sederhana sehingga memiliki banyak keuntungan baik kecil maupun besar.

Masyarakat Indonesia wajib tau bahwa istilah ayam Ras adalah jenis yang sengaja diternakan untuk usaha komersil dalam jumlah besar (Massal). Sedangkan jenis ayam Bukan ras (Buras) Cenderung mengarah pada ayam lokal (kampung) yang dipelihara untuk tidak dikembangkan sebagai usaha komersial dalam jumlah besar.

Jenis Ayam Ras

Perkembangan ayam ras semakin luar biasa segala bentuk metode dilakukan demi menemukan racikan resep perawatan yang tepat dalam segala kondisi. Ayam petelur dan pedaging dibudidayakan secara gila-gilaan untuk mendulang keuntungan puluhan hingga ratusan juta menjadi mimpi para pemula dengan modal kecil. Sebelum anda mengetahui ciri ciri ayam ras, berikut jenis ayam ras yang dapat anda kembangkan untuk diketahui secara umum:
  1. Leghorn
  2. Rhode Island (RIR)
  3. Australorp
  4. Aya New Hampshires
  5. Plymouth Rocks
  6. Minorcas
  7. Anconas

Gambar Ayam Ras Pedaging dan Petelur

Macam-macam Ayam Bukan Ras

Sebenarnya tidak ada referensi kuat secara pasti yang menjelaskan asal mula keberadaan ayam bukan ras secara gamblang dan pasti. Dugaan yang lebih otentik dapat menjelaskanya adalah ayam-ayam buras atau ayam kampung yaitu ayam yang awalnya berasal dari hutan yang kemudian dirawat dilingkungan manusia dipemukiman kampung seperti itulah gambaran sejarah ayam buras.

Walaupun secara fisik ayam kampung kurang mengesankan tetapi secara pemeliharaan dan perawatan cenderung lebih mudah dan tahan terhadap situasi cuaca yang berubah-ubah. selain itu harga daging dan telurnya cenderung lebih tinggi dari produksi ayam ras. Berikut beberapa jenis ayam buras yang dapat anda ketahui:
  1. Ayam Kampung
  2. Ayam Arab
  3. Ayam Kedu
  4. Ayam Pelung
  5. Ayam Bangkok
  6. Ayam Kate
  7. Dan Jenis Lainya 
Gambar Aya Kampung

Setelah anda memahami sisi lain dari Ayam Ras Dan Buras maka anda pasti dapat mengidentifikasi dan mengelompokan jenis ayam secara umum dan mengetahui tujuan utama anda merawatnya sesuai dengan kondisi dan keadaan modal anda. Semoga Bermanfaat dan kami ucapkan terima kasih atas kunjungan anda, salam Peternakmuda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel