Definisi Dan Pengertian Ayam Kampung (Gallus Domesticus)

Ayam Kampung adalah Jenis ayam yang banyak berkeliaran di sekitar pekarangan atau lingkungan warga masyarakat yang tidak diproduksi dan dibudidayakan dalam julah besar untuk tujuan komersil. Sebutan Ayam Kampung juga tidak bisa dikatakan sebagai ayam kampung petelur atau pedaging, dengan keadaan yang demikian persebaran ayam tersebut merata diseluruh wilayah di Indonesia dengan jenis yang bermacam macam.

Gambar Ayam Kampung Sepasang



Ayam Kampung - Galus Domesticus

Bagaimana kabar anda semua pecinta dan penghobi ayam dimanapun anda berada? kami doakan sehat dan diberikan rejeki yang melimpah, Amin!. Pada kesempatan kali ini mari bersama-sama kita memahami dan saling berbagi berkaitan denga istilah ayam kampung, semoga menjadi pembelajaran kita bersama.

Nama Latin Ayam Kampung

Dalam ilmu ternak nama ilmiah ayam kampung adalah Gallus Domesticus, penyebutan tersebut berdasarkan cara hidup dan wilayah mereka yang berada didaerah-daerah domestik tertentu. Ayam kampung berbanding terbalik dengan Ayam Ras yang memiliki klasifikasi dan bentuk yang berbeda, selain itu sekarang sudah mulai dilakukan program pengembangan, pemuliaan dan pemurnian ayam lokal jenis unggul untuk dilakukan pengklasifikasian ras unggul pada ayam kampung.

local chicken

Sejarah Ayam Kampung

Secara Historis ayam kampung awalnya adalah ayam liar yang ada dihutan yang berada pada zona hutan tertentu yang kemudian dipelihara oleh penduduk, dengan perawatan yang tradisional dengan sistem yang sederhana. persebaran ayam kampung berada dirumah warga yang berdomisili di kampung dan pedesaan, tempat tidur yang sembarangan, buang kotoran dimana saja dan lain-lain itulah faktor pendukung penyebutan kata kampung pada ayam tersebut.

Jenis Ayam Kampung

Ayam kampung biasa disebut sebagai ayam Buras atau ayam bukan ras, proses bertelur dan pembesaran yang alami membutuhkan waktu yang cukup lama mengakibatkan ayam kampung tidak dimanfaatkan untuk bisnis dengan skala besar. Uniknya ayam kampung memiliki eksistensi yang kuat dimasyarakat karena karakter daging dan telur yang alami dan lebih berkualitas tidak menurunkan harga jual dipasar.

Ayam kampung jantan sering disebut Jago

Varietas Ayam Kampung

Secara umum ayam jenis kampung di Nusantara memiliki beberapa varietas antara lain; Ayam Kedu, Kedu Hitam, Kedu Cemani, Kedu Putih, Kedu Merah, Ayam Nunukan, Ayam Pelung, Ayam Sumatera, Ayam Belenggek, Ayam Gaok, dan Ayam Garut.


Pengertian Ayam Kampung yang kami sampaikan dan jelaskan semoga membantu anda dalam membedakan dan menyebutkan berbagai jenis ayam yang ada di penjuru negeri, dari sabang sampai merauke, Semoga bermanfaat dan Salam Sedulur Peternak Muda.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel